Mengapa Pemilihan Warna untuk Design Begitu Penting?

Daftar Isi

Mengapa Pemilihan Warna untuk Design Begitu Penting? - Jika kamu ingin membuat sebuah design yang menarik, tentunya harus mempertimbangkan pemilihan warna yang tepat untuk desain tersebut.

Dalam dunia design grafis pemilihan warna bukan hanya sekedar estetika dan harmonis, namun pemilihan warna menjadi hal penting serta memberikan dampak besar. Hal ini disebabkan warna dapat mempengaruhi penyampaian pesan filosofis melalui design itu sendiri. Selain itu juga pemilihan warna dapat memberikan efek ketertarikan serta memiliki pesan psikologis bagi audiens. Hal ini sejalan dengan pendapat bahwa Aspek warna dapat memunculkan berbagai asosiasi dalam pikiran manusia tanpa harus dikondisikan terlebih dahulu, dan hal ini sangat berguna untuk menunculkan kesan tertentu yang ingin dibentuk oleh perusahaan dalam pikiran konsumen (Bottomley & Doyle, 2006; Hynes, 2009). Oleh karena itu pemilihan warna harus disesuaikan dengan makna yang ingin disampaikan agar dapat dengan mudah dipahami oleh para audiens.

Berikut beberapa alasan mengapa pemilihan warna untuk design begitu penting :

1. Identitas Merk

Pemilihan warna dapat memperlihatkan nilai dan karakteristik sebuah merk. Setiap warna memiliki kemampuan untuk memberikan kesan dan identitas unik yang bervariasi tergantung pada latar belakang sosial dan budaya dari orang yang melihatnya (Zharandont. P, 2015). Contohnya seperti brand Wardah, warna biru brand Wardah menjadi iconic untuk brand itu sendiri bahkan nama warna tersebut lebih dikenal sebagai biru wardah. Contoh lainnya adalah warna pada bendera Indonesia yang menjadi indentitas sebuah negara.

2. Pemusat Perhatian

Pemilihan warna penting dalam design yang kompleks seperti poster yang memiliki beberapa elemen sekaligus dalam sebuah design, perlu melakukan pemilihan warna agar tidak membuat mata lelah juga menjadi panduan tidak langsung bagi para audiens yang membacanya. Pemberian warna berbeda dan kontras pada elemen penting dapat menciptakan hirarki visual, hal tersebut dapat memudahkan audiens dalam memahami penyampaian pesan yang diinginkan dari sebuah design.

3. Mudah dibaca

Pemilihan warna penting diperhatikan agar tidak bertabrakan dengan elemen lain. Seperti latar belakang dengan tulisan jika pemilihan warnanya tidak tepat, terlalu mencolok dapat membuat audiens malas membacanya. Pilih kombinasi warna yang tepat untuk menciptakan harmoni sehingga design tidak terkesan berantakan.

4. Penyampaian Informasi

Pemilihan warna yang tepat dapat memberikan informasi yang menggambarkan sebuah produk. Misalnya produk saus sambal yang indentik dengan warna merah yang familiar dengan warna pada tomat dan cabai serta permen Yupi dengan desain berwarna khas permen. Penggunaan warna juga dapat digunakan sebagai informasi jenis usaha atau produk, seperti warna biru untuk produk air minum dalam kemasan.

5. Mempengaruhi Psikologis

Pemilihan warna dapat mempengaruhi emosi, perilaku dan persepsi audiens saat pertama kali melihat sebuah design. faktor pencahayaan, latar belakang dan konteks visual design dapat mempengaruhi persepsi audiens. Contohnya beberapa restoran cepat saji seperti KFC dan McDonald memberikan warna merah pada logo karena berdasarkan psikologi warna, warna merah dapat memberikan efek meningkatkan nafsu makan. Begitu pun dengan warna lainnya yang memiliki arti psikologis tersendiri.

Itulah beberapa penjabaran alasan Mengapa Pemilihan Warna untuk Design Begitu Penting. Kesimpulannya warna memiliki peran penting dalam meningkatkan visual sebuah design yang dapat mempengaruhi informasi dan emosi yang ditangkap oleh audiens. Semoga bermanfaat

Bagi kalian yang ingin custom design dapat mengunjungi instagram kami @apock design.

Referensi:

Bottomley, P. A., & Doyle, J. R. (2006). The Interactive Effect of Colors and Products on Persepsions of Brand Logo Appropriateness. Marketing Theory.

Syafiqah Nur Fadiah & Satriadi (2024). Peran Warna dalam Meningkatkan Daya Tarik Visual logo. Jurnal Seni Rupa dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Vincentius Dimas (2024) Menyelami Esensi: Psikologi Warna dalam Desain Grafis. Gamelab Indonesia

Zharandont, Patrycia (2015). Pengaruh Warna Bagi Suatu Produk dan Psikologis Manusia. Bandung


Posting Komentar