Ini Dia Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Design

Daftar Isi


Ini Dia Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Design - Sebelum memulai proyek design grafis, sangat penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor dalam pemilihan warna untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan diterima dan dipahami dengan baik oleh para audiens. Hal ini penting diketahui oleh para designer dan para pengusaha yang sedang membangun sebuah brand. Beberapa kombinasi warna, dapat memicu respons berbeda. Contohnya, pemilihan warna dapat menyatukan atau bahkan memecahkan design. Memilih warna tidak dapat dilakukan secara acak atau hanya memberikan warna sesuai dengan permintaan, sebagai seorang designer perlu memberikan solusi terbaik dalam proses pembuatan design hingga mendapatkan design yang sesuai dengan keinginan dan menarik perhartian para audiens dengan baik. Dalam sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa pemilihan warna yang tepat dapat meningkatkan pengenalan terhadap merek sampai dengan 80%, ingatan, kesatuan dengan sebuah desain, teks, pemahaman, di antara yang lain. Pada artikel yang lalu kita sudah membahas faktor atau alasan Mengapa Pemilihan Warna Penting untuk Design yang akan dilanjutkan dengan Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Design. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih warna,

1. Tentukan Citra dari sebuah Brand

Sebelum memilih warna untuk design sebuah brand, sebaiknya kenali dan pahami terlebih dahulu tentang latang belakang brand tersebut. Misalnya target market dari segi gender usia hingga tingkat perekonomian target. Apabila sudah mengetahui citra dari sebuah brand maka akan lebih mudah dalam memilih warna untuk design nya.

2. Pahami Trend



Saat hendak memilih warna untuk design pahami trend terbaru warna saat ini agar design lebih mendapatkan perhatian karena terkesan up to date. Namun pastikan bahwa warna tersebut sesuai dengan citra yang dimiliki oleh brand tersebut.

3. Ketahui warna yang tepat untuk tiap bidang Industri

Memilih warna untuk design sebuah brand tidak lepas dari jenis Industri mereka. Misalnya pada jenis Industri minuman sering kali menggunakan warna biru dan Industri makanan dengan warna merah yang menggugah selera.

4. Pahami Psikologi warna


Memilih warna untuk design juga tidak lepas dari pemahaman psikologi warna yang dapat memberikan kesan emosional saat pertama kali audiens melihat sebuah design. Contohnya warna merah yang memberi kesan mencolok sehingga mudah pendapat perhatian selain itu juga memberi kesan percaya diri dan gairah besar. Contoh lainnya warna kuning yang melambanhkan keceriaan, kehangatan dan kebahagiaan.

Itulah tips dalam memilih warna yang tepat untuk design. Kesimpulannya adalah dalam memilih warna perlu memperhatikan informasi detail mengenai sebuah brand untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan kebutuhan brand dilengkapi dengan pemahaman psikologi warna agar memberikan kesan emosional yang baik untuk para audiens. Sebagai seorang designer atau bahkan pemilik perusahaan perlu mengetahui bagaimana cara memilih warna yang tepat agar mendapatkan karya terbaik dapan menarik perhatian audiens pada pertama kali perkenalan. Selain mencari tahu informasi bagaimana tips pemilihan warna yang tepat untuk design melalui mbah googel atau buku, kamu juga bisa menghubungi kami di Apock design untuk membuat dan memilih warna yang tepat untuk design brand mu atau kunjungi akun instagram Apock design untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para designer dan para pemilik perusahaan. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 😊

Posting Komentar