Apa itu Desain Grafis? Pengertian Desain Grafis Lengkap

Daftar Isi

Apa itu Desain Grafis? Pengertian Desain Grafis Lengkap - Desain Grafis adalah penerapan dalam Ilmu Komunikasi yang penyampaiannya menggunakan Gambar untuk menyampaikan Informasi dan Konsep kepada Audience atau Pembaca. Sejarah panjang dalam proses terbentuknya Desain Grafis sejalan dengan perkembangan Seni Rupa baik itu 2 Dimensi maupun 3 Dimensi yang mempunyai ciri khas di setiap zaman. namun secara keseluruhan, Apa itu Desain Grafis?

Saat ini Desain Grafis berhubungan dengan begitu banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kita sekedar bangun tidur, melihat kalender atau sampul buku, kemudian sarapan sereal yang di kemas dengan tampilan yang menarik, sampai saat kita pergi ke luar rumah dan melihat pamflet, poster, baliho, banner, iklan, dan selebaran promosi yang disebarkan sales di pinggir jalan. semua itu bagian dari Desain Grafis.

Menurut para Ahli, ada beberapa pengertian Desain Grafis

Pengertian Desain

Pengertian desain menurut JB Reswick adalah: kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan demikan desain merupakan kegiatan kreatif-progresif dengan produk, yang produk akhirnya adalah kebaruan dan perbedaan. (Piliang, 2008: 384).

Pernyataan itu juga sejalan dengan asal-muasal kata “Desain” yang dipinjam dari bahasa inggris, yaitu: Design. Dalam Kamus Oxford, Design berarti rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.

Pengertian Grafis

Grafis sendiri berasal dari kata Graphic dalam bahasa inggris, yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa, termasuk gambar, ilustrasi, pahatan hingga ke kaligrafi. Kata Graphic berasal dari bahasa Yunani, yaitu: graphikos yang berarti menggambar atau menulis.

Desain Grafis menurut para Ahli

Hendi Hendratman
Desain Grafis adalah Proses Pemikiran yang diwujudkan dalam kesatuan Gambar, Teks, Ruang & Warna.

( Hendi Hendratman — Pengajar & Praktisi Komputer Grafis )

Menurut Evelyn Huang
Desain adalah sesuatu yang menarik, mempesona, dan tidak terlupakan. Sesuatu yang membuat hal-hal kecil menjadi besar. Desain juga seperti musik, yaitu sesuatu yang bisa sangat menenangkan, harmonis dan berirama.

( Menurut Evelyn Huang — Program Head dan Pengajar di Sekolah Desain Grafis IDS )

Suyanto
Desain grafis dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri (yang biasa disebut seni komersil).

Danton Sihombing
Desain Grafis adalah mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi

Jessica Helfand
Desain Grafis adalah kombinasi yang kompleks antar teks dan gambar, angka dan grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang unik, sangat berguna, mengejutkan atau subversif dan mudah diingat.

Preble & Sarah
Graphic Design atau Desain Grafis adalah suatu istilah penamaan yang mengacu pada latar dwimatra atau dua dimensi (2d) yang bervariasi baik format dan kompleksitasnya ( Preble, Duane and Sarah,1985:211).

Blanchard
Desain Grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Warren
Desain Grafis adalah “Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual”.

Dudy Wiyancoko
Menurut Dudy Wiyancoko, pengertian desain adalah segala hal yang berkaitan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/ rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.

Sachari dan Sunarya
Desain adalah terjemahan fisik mengenai aspek sosial, ekonomi, dan tata hidup manusia, serta merupakan cerminan budaya zamannya. Desain adalah salah satu manifestasi kebudayaan yang berwujud, desain adalah produk dari nilai-nilai yang berlaku pada kurun waktu tertentu ( Sachari dan Sunarya, 2001: 10).

Soekarno dan Lanawati Basuki
Menurut Soekarno dan Lanawati Basuki, pengertian desain adalah suatu pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, misalnya busana.

Coirul Amin
Menurut Coirul Amin, arti desain adalah suatu kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, dan corak, yang diimplementasikan terhadap suatu objek.

JB Reswick
Pengertian desain menurut JB Reswick adalah: kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan demikan desain merupakan kegiatan kreatif-progresif dengan produk, yang produk akhirnya adalah kebaruan dan perbedaan. (Pilliang, 2008: 384).

Page
Menurut Page desain didefinisikan sebagai lompatan imajinatif dari realitas sekarang menuju kemungkinan masa depan. (Jones, 1980: 2).

Bruce Nussbaum
Menurut Bruce Nussbaum, definisi desain adalah wahana pembantu untuk melaksanakan inovasi pada berbagai kegiatan industri dan bisnis.

Michael Kroeger
Menurut Michael Kroeger, Desain Grafis adalah “Visual Communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajar

Jadi Pengertian Desain Grafis itu Apa?

Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa Desain Grafis adalah ilmu multidisiplin yang kebanyakan melibatkan Seni Rupa dan Ilmu Komunikasi. Cakupannya juga sangat luas, tidak hanya suatu gambar saja, namun ke berbagai jenis komunikasi visual lainnya. Media yang dapat dijamah juga cukup banyak, dapat berupa media cetak ataupun non-cetak. Berbeda dengan desain produk, desain grafis menghasilkan produk yang tidak dikenakan secara fisik oleh pengguna, namun lebih digunakan secara psikis. Selain merujuk pada keilmuan dan proses, desain grafis juga dapat berarti benda atau produk yang dihasilkannya sendiri.

Referensi
Hendratman, Hendi. (2008). Tips & Trik Graphic Desain.Bandung: Informatika.

Preble, Duane and (1985), Artforms, Harper and Row Publishers, Inc., New York.

Suyanto. (2004), Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Andi, Yogyakarta. (Tautan Buku)

Sachari, A. dan Sunarya, YY. (2000). Wacana Transformasi Budaya. Bandung: Penerbit

Sachari, A. dan Sunarya, YY. (2001). Pengantar Tinjauan Desain. Bandung: Penerbit ITB.

Multiplisitas dan Diferensi: Redefinisi Desain, Teknologi dan Humanitas. Yogyakarta: Jalasutra. 2008

Posting Komentar